Kita adalah apapun yg kita lihat dengar rasakan

Leave a Comment

Disaat beberapa temen online bilang kalo fotografiku udah khas banget, udah ketahuan gayanya, di belakang layarnya..aku justru masih kebingungan dan kadang keblinger dengan semua input inspirasi yang terlalu banyak kulahap dari internet, terutama dari sosial media Instagram.


Kalo kita adalah apa yang kita makan, berarti sama halnya dengan... 

"kita adalah apapun yang kita lihat-dengar-baca-rasakan"

karena semua input yg kita terima, mau ga mau akan merubah cara kita berfikir atau melihat sesuatu, yg ujung-ujungnya, apapun yg kita buat (output) akan mengandalkan cara kita melihat sesuatu.


Makanya, tadi juga aku sempet bikin instastories tentang hal ini, intinya bahwa scrolling sosmed juga sepertinya butuh 'seninya' biar ga asal melahap informasi atau inspirasi, tapi disesuaikan biar outputnya sesuai dengan harapan kita.


Misalnya aku nih, aku selalu ingin punya gaya fotografi mirip seperti Hamada Hideaki (he is my real inspiration in photography), berarti mau ga mau, aku harus jauh lebih banyak melihat foto-fotonya Hamada Hideaki dan fotografer Jepang lainnya yg sejenis.



Paling gampangnya mesti main Pinterest, karena sekali kita cari sesuatu, pasti akan dikasih rekomendasi yang sesuai, dan dari situlah aku menemukan beberapa fotografer lainnya yang mirip Hamada-san. Tapi tetep, Mr. Hamada still the best in my eyes.



Begitupun dengan kepenulisan, gaya tulisan kita baik itu dari penggunaan diksi atau gaya berceritanya, pasti sedikit banyak terpengaruh dari buku terfavorit yg terakhir dibaca.


Akupun pernah mengalami, ketika lagi gandrungi baca buku Raditya dika, seketika aku ingin ngejokes mulu (yg mana ga pernah berhasil), lalu di waktu lainnya setelah baca filosofi kopi-nya Dewi Dee lestari, seketika jadi pengen nulis dengan kata-kata sastra yg indah dan deskripsi yang menarik imaji (ini juga gagal).

Jadi, begitulah.. manfaatkan pengaruh input atau inspirasi, atur supaya output-nya sesuai keinginanmu. Jangan dulu lahap semua, bisa-bisa malah bingungin dan bikin karyamu jadi inkonsisten. serius!



Fyuh, akhirnya ngepost lagi setelah selama 2 hari absen. Maaf ya, bukan keinginan atau karena males, tapi emang lagi ga ada kuota internet. Mau ngerjain di kantorpun selalu ga sempet.


fotonya Hamada-san, diambil dari pinterest

fotonya Hamada-san, diambil dari pinterest

fotonya Hamada-san, diambil dari pinterest

Quotes untuk hari ini:

"Photography is the story
i fail to put into words"

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment

blogging itu kadang rasanya kriik..kriiik.. tapi dengan adanya komen, even just one short saying, will mean the world! really!