Being a Plant Parent

2 comments

Hello

Padahal.. mungkin... hmm.. sekitar lebih dari 2 bulan lalu semenjak aku pindah tempat tinggal, dari rumah mertua ke rumah kontrakan kecil ini, aku memulai hobi merawat tanaman hias. Tapi pas lihat kondisi blog, eh kok belum bikin blog post soal tanaman ya, padahal foto mah kayaknya udah ada beberapa dan udah dipost ke IG juga.



Belajar dulu

Masih ecek-ecek sih, soalnya mau belajar mengenal dulu, sambil belajar cara bener merawat tanaman tuh kayak gini. Makanya milih beli tanamannya yg dikenal kuat meski lupa ga kerawat pemiliknya. Semisal spiderplant, sirih gading dll (yg lupa lagi namanya, nanti deh buka lagi primbon).

Alhamdulillah, yang tadinya suka gagal bikin tanaman bertahan hidup lama, sekarang mulai bisa mempertahankan kehidupan, bahkan bisa mendorong tumbuhnya akar dan tunas, hehe... Intinya ada di media tanamnya, yaitu tanah! jangan padet, harus bisa bagus nyerap air, karena ternyata, kebanyakan tanaman hias rumahan gitu ga suka lama-lama dalam keadaan basah, suka bikin jamur dan bikin sakit katanya. Bahkan, lebih baik cenderung kering!





Sekarang, selain belajar merawat, juga belajar untuk menumbuhkan tunas yg baru yg punya istilah propagating (ini aku tahunya dari pinterest), jadi propagate atau propagasi itu kayak motong dahan atau bagian pohon yg udah agak dewasa, trus disimpen di gelas atau vas berisi air biar akarnya cepet tumbuh lagi dan bisa jadi tanaman baru.


Propagasi itu seru dan cukup indah karena nyimpennya di vas berair, jadi keliatan akarnya, trus ga perlu siram-siram lagi, kan doi tinggal minum disitu aja. palingan, air yg jadi media tanamnya.. kita tambahin pupuk cair biar nutrisinya terpenuhi.


Tujuan

Lucu sih, tapi being a plant parent itu literaly emang kayak orang tua yg mesti tahu apa aja kebutuhan anaknya biar bertumbuh kembang dengan baik. Juga belajar konsistensi dan tanggung jawab. Namun yang pasti buatku, memulai hobi merawat tanaman itu ada beberapa tujuan, seperti misalnya:

1. Sebagai aktifitas stress relief, karena beneran.. sesederhana nyiram tanaman pake spray di pagi hari itu udah kayak nenangin aja gitu, trus ada sense of accomplishment "oh iya, aku udah penuh tanggung jawab merawat mereka"

2. properti foto tentunya, karena mereka juga menurutku estetik untuk ada di dalam rumah, makanya merawat merekapun sebetulnya juga sebagai bahan foto-fotoan di rumah, dan memang cukup nyegerin dan kadang sangat pinterest-able,  hehe.... Nanti deh, nunggu sirih gadingnya tumbuh menjuntai kebawah, nah.. itu baru top estetiknya...

3. memantapkan skill bertani untuk memenuhi salah satu keinginanku menjalani hidup biasa-biasa aja suatu saat nanti.



Yaudah, gitu aja sih.. semoga pelan tapi pasti bisa mulai memahami gimana cara yg baik dan benar untuk menumbuhkembangkan semua tanaman, baik sayuran ataupun tanaman hias di rumah. Juga biar ada terus bahan buat di foto-foto, hehehe..

Kamu juga penikmat dan plant parents tanaman juga gak? share ke aku dong tips triknya biar tanamannya cepet tumbuh dan sehat selalu! ya ya yaaa!?!


Oke deh, looking forward for your precious comment.

Thank you

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments:

  1. Kak Ady, aku juga punya beberapa tanaman di rumah dan sengaja juga pilihnya tanaman yang kuat mental karena sadar diri nggak bisa rawat tanaman yang butuh perhatian ekstra πŸ˜‚. di rumah, aku punya monstera, sirih gading, sama lidah mertua yang tahan banting dari awal aku beli πŸ™ˆ perawatannya juga mudah, cuma pakai media tanam aja sebagai tanahnya terus disiram 2 hari 1x, syukurnya bisa bertahan sampai sekarang dan berkembang hahaha. paling gampang kembangbiakin itu monstera (janda bolong) sama sirih gading, ditanam di air juga bisa kembang biak. semoga anak-anak hijau Kak Ady bisa tumbuh subur dan sehat selalu ya πŸ₯ΊπŸ˜†

    ReplyDelete
  2. Jujurnya ga Dy πŸ˜…. Tapi mamaku iya. Di rumah mama, sejak di Aceh sampe Skr di Medan, tanamannya banyaaak banget. Bagusa dan besar2. Kayaknya tangan mama memang dingin sih kalo urusan tanaman.

    Beda Ama aku, yg menurut mama tangan panas. Kaktus aja mati aku pelihara 🀣. Makanya ga kepikiran utk nanem sesuatu. Aku ga ada kesabaran dan telaten kesana.

    Walo sukaaa liat tanaman orang kok cantik2. Tapi sekedar kagum aja, belum Mau utk pelihara sendiri πŸ˜„. Kasian mati ntr.

    Udah paling bener aku ibu dari kucing2ku aja πŸ˜…

    ReplyDelete

blogging itu kadang rasanya kriik..kriiik.. tapi dengan adanya komen, even just one short saying, will mean the world! really!