Selasa, 02 Januari 2018

A Year of Exploration



Chapter 01: January
Part #2 / 02-01-2017
2/365


Kali ini saya mau nulis dengan tema yang sepertinya adalah tema wajib bagi para content creator di berbagai platform, baik itu blog ataupun video di youtube di penghujung tahun.


Sebetulnya tema tulisan ini merupakan ajakan dari kakak saya yang sesama blogger, katanya yuk bikin tulisan dengan tema yang sama dalam rangka mendekati penghujung tahun. Nah kakak saya udah ngepost tulisannya kemarin tanggal 26 Desember 2017 (Check it out here).
 
R E T R O S P E C T I V E

Retrospective itu semacam review atau intinya ngomongin apa yang udah dijalani. Untuk saya, khusus hanya akan nunjukin dari foto-foto karena saya ga begitu bagus nulis, but throughout year, I hope I can make a better writing.

Salah satu foto pertama yang saya ambil di awal tahun 2017


at Balai Kota Bandung

Salah satu hunting pertama sama si @mukticahyadi di Landasan udara di Batu Jajar.





















Salah satu highlights tahun 2017, traveling ke Jogja










I N T R O S P E C T I V E

Kalo ngeliat apa yang udah dijalani, satu hal yang paling jelas adalah waktu terasa begitu cepat berlalu, setahun rasanya sangat singkat, padahal dalam satu tahun ada 12 bulan, ada 365 hari, itu artinya ada 365 kesempatan yang harusnya bisa digunakan sebaik-baiknya untuk menjadi lebih baik, dan tahun 2017 buat saya tidak begitu signifikan. Ini bukan karena tahunnya, ini hanya karena saya ternyata belum bisa menggunakan sebaik-baiknya waktu luang yang saya miliki, kesempatan-kesempatan yang saya miliki untuk menjadi lebih baik. This is the biggest lesson for me. Wasting time, stick in the comfort zone didn’t make me going anywhere better. 365 kesempatan dan dengan progres hanya seperti saya maka ini adalah kerugian yang sangat besar, dan saya gak mau rugi besar lagi.

R E S O L U T I V E

Sebetulnya saya termasuk orang yang senang berencana tapi menjadi tidak suka karena setiap rencana dan target-target yang dibuat selama ini, tidak pernah goal. But since I’m a positive and optimist kind of person, so I still have a target for this year. And this is what comes on my mind and my hope for 2018:
  • Keep shooting, lots of quantity but improving in quality, always learn from mistakes, every single day.

  • Konsisten update blog ini, khusus untuk point ini, saya sudah membuat challenge untuk diri saya sendiri. Dari 12 bulan yang ada, saya ingin membuat 12 chapter dan dari 12 chapter ini saya ingin posting blog setiap harinya. Yap, I want a daily blogging! Entah apakah saya bisa memenuhi atau gagal but I hope I can fulfill the challenge.

  • Belajar banyak untuk gimana sih story telling yang bagus itu baik itu dalam bentuk tulisan ataupun gambar.

  • READ MORE BOOKS! AND WRITE MORE!

  • Make more money

  • Upgrading my gear. Entah itu beli kamera baru atau lensa baru.

  • Last but not least, menyoal Instagrammer dan community-nya, pengen sih punya keberanian lebih untuk instameet, kenalan dan dapet teman-teman baru yang selama ini saya kagumi foto-fotonya di Instagram. 
 
Ok, that's it. Thank you 2017. Welcome 2018. 'BE BETTER" 

3 komentar:

  1. Beautiful photos! Bnr, Kita punya setaun tp dlm setahun ITU yg paling ssh adalah membuat mood kita ttp konsisten semangat dlm berkreativitas. But I hope this year will bring us to whatever we wanted to achieve. ♥

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiiinn...semoga dua hal jadi lebih baik tahun ini, duniawi dan untuk akhirat. :D

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

feel free to write and comment