First time kopi Barista

ngopinya sambil meeting dan haha hihi

Tjihapit, makan sambil
ngonten di sabtu pagi. 
Juga ngopi.

Yak, meski aku udah lama tinggal di Bandung, tapi main ke pasar Tjihapit ini adalah kali pertamaku, duh... malu-maluin ya. Padahal bagus. Tjihapit adalah contoh ideal pasar tradisional yg dikelola agar lebih kekinian, bersinergi dengan tempat makan dan kafe yg seleranya buat muda-mudi.

Aku inget, pada momen main ke Tjihapit ini pula lah, aku pertama kali mencoba kopi specialty buatan barista (sebelumnya cuma minum kopi sachet nescafe atau tubruk), kalo ga salah aku pesennya ada kata honey nya gitu, jadi kukira rasa kopinya bakal ada madu-madunya.

Eh ternyata aku salah, ga ada madu-madunya, but really... aku sangat menikmati kopinya, meski ga ada madu-madunya, aku tetep nyangka kalo kopinya pake gula karena ada manis-manisnya gitu dan sedikit berbau citrus, ga purely pahit.

Dan sejak saat itu, udah deh... standar kopiku naik, udah ga mau lagi minum nescafe, hahahaha... pengennya dibikinin barista atau beli biji kopinya trus bikin sendiri di rumah pake saringan alakadarnya.

Pokoknya, momen itulah yang membuatku begitu menyukai kopi. Ga hanya tentang efek 'bangun'nya aja, tapi rasanya juga bikin nagih.



dan mug dari kak Eno pun jadi makin kepake buat ngopi. nambah nikmat rasanya, haha..


Selain kopi, di dalam pasarnya pun
aku melihat ada tempat-tempat
makan kecil yang menunya kekinian,
emang buat mojang jajaka banget.
Pun, sekalinya di bagian
pasar tradisionalnya,
keadaannya jauh lebih rapi
dan bersih dibanding
pasar tradisional lainnya.


Waktu itu, temen-temenku pada makan bakmi gitu, sedangkan aku yaa menyimbukan diri dengan foto-foto, karena emang begitulah tujuanku kesitu.

kiri: suasana pasar tjihapit bagian makanan, kanan: gang nikmat namanya, persis belakang pasar tjihapit


_______________

Selesai dari Tjihapit, masih di bulan Februari yang sama, akupun ketemuan sama temen kerja di perusahaan sebelumnya, ga tahu deh dalam rangka apa... tapi kayaknya emang sekadar pengen  ketemu karena udah lama aja.

Nah, sebagai introvert antisosial, biasanya aku agak enggan kalo ketemu-ketemu gitu, tapi karena aku yg lagi suka-sukanya kopi kafe buatan barista, trus temenku ini ngajakin ketemunya di kafe, jadinya lebih semangat, hahaha... mau karena ada maunya.


Janjiannya di Toko Kopi
Melangkah Majoe.
Tempatnya asik suasana antik
dan kopinya juga sama enaknya.
Andalanku pasti pesan
manual brew. jenis kopinya?
minta rekomendasi dari baristanya

Oia, and lately.. aku lebih suka yg manual brew yang Japanese karena dingin pake es. Rasa kopinya lebih menyenangkan lidah, hehe... Tadinya ga mau kopi dingin karena takut kembung, eh ternyata tydaks!






Aaaand that's it for the February moment. Duh jadi pengen ngopi di kafe lagi. tapi... hmmm, udahlah. Next time aja.

Bye guys, thank your for reading ampe tamat.
Have a great day!

9 comments:

  1. PENGEN KE SINI!!! tandain dulu ahhh. aku juga udah lama ga ke cihapit wkwkwk. soalnya jauh banget dari rumah, berhubung sekarang udah jadi orang barat (cimahi). dulu pas kuliah sering banget ke sini karena ada toko keperluan arsitektur/seni. tapi waktu itu blm direnov kayak sekarang. ke sana buat beli keperluan, makan surabi, trus pulang deh hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cus brangkatin!

      ya, ga apa-apa sesekali main jauh ampe ke Cihapit biar sambil nostalgia jaman kuliah, kan yaa... hehehe.

      Surabinya juga kayaknya masih ada :D

      di Cimahi juga sekarang banyak kafe-kafe baru kan?

      Delete
    2. nah itu... sebenernya banyak. tapi blm sempet nyoba, baru datang ke yang terkenal aja. nggak sampai eksplor gitu.

      soalnya tiap-tiap, ke bandung lagi, ke bandung lagi... wkwkwkw...

      Delete
  2. Akh juga sering kok begitu. Banyak tempat di JKT yg malah blm pernah aku datangin , mungkin Krn mikirnya, Deket iniiii, bisa kapan2 🤣

    Memang beda yaaa kalo kopi dibikinin barista. Aku juga lebih suka, tapi blm bisa buat sendiri.

    Mau pake biji kopinya sama, ttp aja rasa beda 🤣

    Cakeeep kafe yg melangkah madjoe ini. Unik aja Krn vintage. Aku suka kopi dingin pas di Aceh dy. Kopi Aceh yg di Aceh langsung itu memang beda sih. Pantes aja di sana tiap meter ada kedai kopi 🤣🤣. Pertama kali coba kopi dingin tanpa susu, dan baru kali itu aku bisa ngabisin.

    Kalo di kedai kopi di jakarta, atau bahkan kedai kopi Aceh di JKT, aku ttp ga sesuka itu Ama rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi aceh dingin? waduh.. kok aku jadi penasaran yaaa pengen cobain kopi Acehnya :()

      Kapan ya maen ke Aceh dan ngopi langsung di kedai-kedai kopi sono..

      Delete
  3. Pasar Tjihapit ini kayaknya mirip Pasar Santa di Jaksel kalau dilihat sekilas. Dulu Pasar Santa banyak tempat makan kecil-kecil yang hitz, kalau sekarang udah mulai berkurang tapi masih banyak tempat-tempat makan atau tempat jual pernak-pernik gitu haha.

    Ditunggu foto-foto lainnya! Foto Kak Ady selalu ciamik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya, kayaknya mungkin mirip pasar Santa di Jakarta ya..
      aku pernah liat sekilas soal pasar santa dan kayaknya konsepnya mirip meski eksekusinya mungkin berbeda (ga bisa bandingin karena belum pernah ke pasar Santa).

      Makasih Liyaaa

      Delete
  4. Pengalaman kopi Mas Ady kurang lebih sama kayak aku. Pertama kali kenal kopi "benaran" tuh dari papaku yang emang udah penikmat kopi dari dulu. Beliau beliin aku biji kopi Sidikalang favoritnya, pas diseduh pake metode manual brew, duh enak banget. Baru tahu ternyata kopi itu banyak macamnya. Meski sama-sama hitam, tiap kopi punya ciri khas rasa yang beda-beda :D

    Jadi pengen rekomendasiin Mas Ady kalau main ke Bogor (siapa tahu one day), bisa main ke Imah Nini. Kopi mereka enak, suamiku juga suka Japanese Brew-nya yang seger.

    Btw, kopi honey itu maksudnya biji kopinya diproses metode honey. Aku juga kurang paham sih, tapi waktu pertama kali coba sama kayak Mas Ady, kirain pakein madu, ternyata bukan 😂

    Seperti biasa, foto-fotonya bagus banget, kayak bisa ngerasain langsung suasana di dalam pasar itu sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imah nini di Bogor? siap, noted!
      wish me in near future punya keleluasaan budget sehingga kalo explore perkopian tuh bisa kemana-mana.. itu salah satu dream aku sih, kak. dan salah satu yg baru-baru ini baru kepikiran adalah pengen datengin salah satu perkebunan kopi dan mendokumentasi proses dari nanem, panen, dan segala prosesnya hingga jadi kopi yang siap dibeli kafe-kafe. ahhh... nulis komen ini aja jadi menggebu-gebu gini.

      Iya kak jane, hampir dipastikan, kopi honey tuh kyknya ngejelasin kalo itu kopi diproses pake metode honey. dan enak bangetttt...

      Pengen sekali-kali bareng keluarga kak Jane, ngopi barengg..
      walopun aku introvert dan suka gagap interaksi dgn orang baru, tapi kalo dijembatani sama kopi, biasanya cepet cairnya, hehehe...

      makasih kak Jane!

      Delete

blogging itu kadang rasanya kriik..kriiik.. tapi dengan adanya komen, even just one short saying, will mean the world! really!