Bicara fotografiku

Dalam berfotografi profesional untuk kerja, tadinya aku heran kenapa si owner-owner yg nge-hire aku ini nampak suka dengan hasil fotografiku tapi ketika sudah masuk ke ranah foto untuk kebutuhan brand-nya (foto produk), selalu ada aja kurangnya.


Karena tadinya kukira  mereka nge-hire aku karena pengin dibuatkan foto untuk brandnya dengan style yg biasa aku tunjukan.


Ternyata ga gitu.


Mereka itu jadinya kayak mengukur skill fotografiku dari portfolio online dan berharap dibuatkan foto yg sesuai keinginan mereka atau sesuai brand guides mereka... which is super fine, dan kayaknya mestinya gitu sih.


Tapi sayangnya, aku bukan fotografer yg skillful di post-processing dengan editing yg deep. Aku tipe fotografer pemalas yg lebih suka berusaha mendapatkan foto bagus sejak foto raw nya.

foto buat kapalasar, foto produk kacang kedelai dan kuliner cilok kentang


Tentunya bukan tentang warna ya, karena itu mah PASTI akan kena edit. Tapi lebih kepada komposisi, framingnya, angle pengambilan, cahaya yg tersedia (aku tipe fotografer yg ngandelin natural light, banget!), dan ini yg terpenting...

Gestur si model atau objek fotonya (orang ya).


Menurutku pribadi, foto yg bagus dan lebih bisa bercerita adalah foto yg natural layaknya foto kalo sekumpulan temen lagi hang out atau traveling, trus ada satu orang yg tukang dokumentasinya, biasanya kan lebih bebas berekspresi, berpose pun ga kan canggung, kayak gitu gitu yg menurutku lebih hidup.


Makanya, karena aku tahu fotoku bukan jenis foto buat katalog produk, aku selalu menolak untuk jadi main photographer kalo emang tujuan sesi pemotretannya buat foto produk katalog. Aku lebih suka jadi second shooter yg lebih bebas dan nangkep momen momen 'lengah' nya model yg lagi lepas dari berpose standar.



Selain itu, aku juga selalu bingung kalo diminta foto dengan editing tone yg warnanya sesuai produk aslinya. Lebih karena ga bisa ngeditnya, hahaha... Juga, aku lebih suka berekspresi dgn tone foto yg cocok dengan kondisi cahaya dan mood foto, jarang banget ngeliat kesesuaian warna.


That's why, aku kayaknya ga pernah cocok untuk foto produk, aku kayaknya lebih cocok jadi foto dokumentasi, lifestyle, atau editorial.


Menurutmu, am i a good photographer? masih sesuai perkembangan ga? mengingat hasil foto orang orang sekarang jujur aja sangat aduhai bagusnya ampe bikin diri insecure dan ga yakin lagi. Haha..









Simpel aja sih sebetulnya mah... aku hanya perlu untuk terus share foto-fotoku hingga menemukan orang-orang yg memang satu kesamaan kesukaan dari style fotonya, menemukan audience idealku, calon client idealku.


Apakah kamu (yg lagi baca blog post ini) adalah audience idealku? let me know in the comment section! if not, that's also totally fine... 

6 comments:

  1. Baguuuus kok dy 👍👍👍. Aku memang bulan ahli dalam menilai foto. Tapi taulah mana yg bagus, enak dilihat. Foto2mu memang cenderung yang natural, utk dokumentasi dan lifestyle.

    Beberapa kali lihat hasilnya, langsung kagum, krn jelas, jernih, posenya pas, ga seperti diarahkan. Krn mungkin candid juga ya?

    Beda ama foto katalog yg memang lebih detil kali yaaa. Ikutin passionmu ajalah. Walopun seandainya aku lagi cari fotografer katalog, pakai stylemu yg sekarang pun sbnrnya oke kok 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kak... aku suka seneng fotoin orang yg seneng difoto, hehehe...dan ikut pusing kalo fotoin orang yg ga suka atau ga mau difoto (padahal harusnya jd tantangan ya). Makanya, aku ga pernah paksa orang untuk aku foto, pun kalo aku udah fotoin candidnya (ga bilang foto), trus aku kasih lihat buat minta izin kalo mau dishare..

      yeay.. makasih ya kak!
      kak Fanny ini udah segrup sama Lia dan mas bayu, paling bisa muji orang :D

      kalian terlalu baique...

      Delete
  2. akuu, aku termasuk yang suka sama tone fotonya Kang Ady! Hahahah. Anyway, gaya foto gini buat editorial cucok bgt. buat lifestyle photos ttg makanan juga bagus, kayak di blog minimalist baker . com . mungkin bisa jual foto stok-nya juga Kang, di shutterstock gituu?

    anw jadi pengen sharing jg berhubung aku pun bekerja di bidang kreatif, meskipun bukan fotografi. (aku sama sekali gak bakat fotografi).

    Sebagai graphic designer, gaya yang aku suka beda banget dengan gaya yang dimau klien. memang sih ada jalan panjang untuk cultivating and attracting my dream clients, tapi pada akhirnya aku memilih yang ngasih duit duluan ((lemah)). sempet ketemu klien (atasan) yang sama sekali gak sreg tp harus tetep kerja, dan stress+burnout jg... lalu endingnya pindah, seleranya masih beda, but with much better environment.

    Downsidesnya, sedih sih karena pengembangan desainku endingnya jadi kaku karena aku fokus ke tipe selera yang dimau klien. Yah masih berkembang sih tapi bukan tipe industri yang aku mau. Upsidesnya, ya udah lah toh namanya jg mengais rejeki 🤣🤣🤣

    Maka akhirnya aku ambil jalan tengah; aku masih nggak mengerjakan yang sesuai keinginan sendiri, tapi aku menemukan apa sisi yang aku suka dari kerjaan aku itu. Tapi emang sih, jadi agak mager buat eksplor di graphic design karena sehari2 kerjaan udah banyak banget. Jadilah sekarang aku fokus ke hobi lain alias ngeblog.

    (Dipikir2, 2021 itu aku aktif ngedesain di blog dan bikin side hustle ya karena ngerasa berat banget ngedesain di kerjaan asli. udah mah gak sesuai selera, brief-nya sangat2 stressful ke proses kreatif).

    Maap yak panjang dan ngalor ngidul, cuma ingin berbagi aja berhubung pernah berada di persimpangan kebimbangan kreatif yang sama hahaha. semoga Kang Ady nggak kehilangan rasa bahagia dalam fotografi, dan menemukan path yang paling nyaman buat diri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anyway... referensi websitenya Mega ini bagus-bagus ya, ini aja yg minimalistbaker langsung aku browse dan aku suka foto-fotonya disitu...

      Nah iya, sebetulnya kalo soal profesionalisme dan cuan yg jadi prioritas, mau ga mau kita harus mau ikuti kemauan client, but in my own case... sejujurnya aku ga jago fotografi, aku hanya (merasa) bagus dan seneng di style yg sekarang aku suka share aja, jadi kalo diminta style foto yg lain, either dikasih waktu belajar dan ngulik dulu (trial n error) atau dapet hasil yg (kemungkinan besar) ga kan memuaskan client.

      Makanya, kalo aku (maksa) terima job yg diluar kemampuanku, aku malah suka kuatir dapet track record yg ga bagus.

      Sebetulnya, yg paling bagus adalah terus belajar dan eksplor diri di bidang fotografi semua genre.. jadi bisa menawarkan banyak hal untuk beragam client. tapi di umurku dan ekosistem dunia fotografer yg udah menggila, kayaknya terlalu takes time, mungkin yg paling baik adalah tetap jadi aku yg sekarang aja..

      at least, meski ga cuan, aku tetap dapet senengnya ngerjain fotografi, heuheu..
      Gitu sih mikirnya.

      Aaaaand thank you for the comment, panjang tapi insightnya beneran kubutuhkan!

      Delete
  3. Aku ga ngerti banget soal pepotoan,pokoknya hasil fotonya bagus dan simpel /sederhana aja udah seneng, emang sih foto yg candid hasilnya lebih ok dan natural,karena yg di foto benda atau orangnya gak tau dan gak mesti di arahin gayanya..iya gak sih...nah aku tipe yg suka gak pede buat berfoto sendiri,kebanyakan foto ramean dan di fotoin,kalo di suruh selfi mah nyerah😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun sebagai tukang foto, kalo difotoin orang mah tetep ga pede dan canggung juga, makanya lebih suka dibelakang lensa, hehehe..

      Nah kalo aku sama orang yg ga pedean pasti harus nyuri-nyuri foto dulu dan tunjukin hasil terbagusnya ke dia, dan biasanya.. kalo dianya juga suka, nambah tuh kepercayaan dirinya dan lebih mau difoto.

      Mungkin bisa dicoba? haha...

      Delete

blogging itu kadang rasanya kriik..kriiik.. tapi dengan adanya komen, even just one short saying, will mean the world! really!