Mindful dengan fotografi


Beberapa saat sebelum aku nulis disini, aku udah duluan bikin instagram post dengan beberapa foto yang sama. Captionnya aku tuliskan tentang mindfulness terhadap present moment.



Karena beberapa waktu terakhir ini aku menyadari bahwa salah satu kontribusi kenapa kita merasa waktu berlalu terlalu cepat adalah karena pikiran kita ga selalu di tempat, selalu selangkah lebih di depan, di ruang hampa nan kosong dan ga pasti bernama masa depan.


Momen liburan seminggu kemarinlah yang membuatku menyadarinya, rasa bosan menghadiahkanku buah pikiran ini. Sepertinya kita mesti belajar untuk menghentikan kebiasaan tersebut, harus mulai berusaha fokus pada apa yang ada di depan kita, lakukan sebaik-baiknya.



Mungkin waktu akan terasa lebih lambat atau sama saja cepatnya, tapi setidaknya kita lebih bisa menikmati penuh dengan apapun yang sedang kita lakukan.


Dan buatku pribadi, kamera dan fotografi adalah tools yang bisa memaksaku untuk melebarkan zona nyaman juga memaksaku untuk bisa lebih aware dengan apapun yang ada di sekitarku, dan mindful dengan momen yang sedang kuamati.




Karenanya, lumayan.. ada beberapa foto yg hari ini aku ambil, masih random... tapi semuanya adalah hal-hal yang tadi siang terjadi dan hal-hal yg memang ada di sekitarku di kantor.


yang dijemur adalah kain natural tencel, itu lagi dicelup air hangat, entah kenapa.

inipun kurang lebih sama seperti foto sebelumnya, treatment kain mahal dengan effort yang lebih-lebih.

just another angle of the jemuran kain bagus

tuh orangnya yg sangat perhatian sama kainnya

lagi coba ambil foto dengan settingan lensa 22mm yg ekuivalen dengan 35mm kalo di kamera fullframe. lagi pengen belajar ngambil foto yg lebih zoom dan lebih jauh. ga bokeh melulu

ini bukan mau nendang kain bagus itu ya, tapi mau nunjukin kalo kaos kaki yg lagi kupake kebetulan punya warna yang senada.

paparazzi lagi nyuri momen yang lagi riweuh ngejemur kain panjang gede

dan inilah kaos kaki warna bagusnya, hahaha...

speaker bluetooth yg keliatannya ga murah, tapi sayang ga nyala, jadi hanya hiasan yg ga menambah estetika juga sih.

ini yang paling random, obat nyamuk bakar yg ga habis terbakar, beralaskan cangkir putih.

selesai jemur, langsung ukur dimensi

karena ga punya tempat jemuran khusus, apapun dipake jadi tempat menjemur, termasuk properti foto-foto studio

bentar lagi ga kan ngeliat tanaman paku ini nih. ga ada yg nanem tapi tumbuh subur besar, 

inipun pada akhirnya nanti akan kurindu, kalo super ngantuk, biasanya aku nyender disitu sambil liatin taman mungil berisi tanaman paku. ga Zen sih.

ini harusnya jadi foto pertama...di tengah kesuntukan nonton youtube yg lagi bikin cake. karena cinematografinya yg cakep, sangat healing dikala suntuk.


Dan begitulah untuk hari ini.
Terima kasih!

Anyway, menurutmu sendiri.... kira-kira lebih suka foto wide angle gini atau sempit-sempit detail nan bokeh?

5 comments:

  1. "Karena beberapa waktu terakhir ini aku menyadari bahwa salah satu kontribusi kenapa kita merasa waktu berlalu terlalu cepat adalah karena pikiran kita ga selalu di tempat, selalu selangkah lebih di depan, di ruang hampa nan kosong dan ga pasti bernama masa depan."

    real. kalo buat saya, ngga cuma fotografi, but life itself. I'm trying to slow down this year. semoga bisa walaupun banyak hal yang bikin pikiran ingin "ngebut".

    anyway -- as always, lovely photos dari kang ady :D tone-nya itu lho, cakep banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buatku, gadget yg kita gunakan untuk mantengin hiburan sosial media dan lainnya membuat pikiran kita ga bisa lagi untuk mendapatkan 'rasa bosan'

      dulu sebelum internet dan sosial media menyerang kita, kalo lagi suntuk ga tau mesti ngapain, kebosanan membuat otak kita berputar untuk melakukan sesuatu yg kreatif untuk menghibur diri.

      bisa baca buku lebih banyak, bisa bebikinan sesuatu, menggambar, apapun yg kita suka.

      kini, most of our free time, digunakan untuk mantengin sosmed, dan tentu aja ga jelek, bagus malah.. jadi ada peluang-peluang baru menghasilkan cuan dengan cara yg smart.

      tapi ya begitulah.. internet itu emang gimana kita yg pakenya, karena sesungguhnya itu hanyalah tools pembantu kita.

      Amiiin, semoga tahun ini, Mega bisa lebih slowing down, lebih mindful dengan apapun yang lagi dikerjain dan jadinya bisa lebih menikmati kehidupan secara penuh.

      terima kasihhh!

      Delete
    2. Huhuu benar. Saya tuh notisnya, makin saya sibuk, makin pikiran restless, makin gak mau "berhenti berpikir". Ya seperti kata Kang Ady, pikiran nggak lagi mengenal rasa bosan, tapi ya terus nyari distraksi. Masalahnya kebanyakan mantengin sosmed juga bikin kepala makin capek untuk hal yang gak jelas.

      Yah, saya mencoba nulis blog lagi pun merupakan bagian dari ikhtiar. Berpikir pelan-pelan, tidak dalam jangka pendek seperti postingan twitter. Heheheheu...

      Delete
  2. Pas Di JKT aku selalu ngerasa waktu terlalu cepat dy. Tapi di Azerbaijan, belarus dan Georgia kemarin, aku ngerasa lambaaaaaaat banget 🤣.

    Temen2 juga ngerasain yg sama. Ntah karena winter, dan beda waktunya juga lebih lambat dr Indonesia, trus matahari baru terbit pukul 9 - 10 pagi gitu. 😂. Jadi kadang jam 7 pagi kami dah bangun, subuh, tapi di luar masih gelap gulita 😅. Mau kluar juga ga bisa.

    Tapi seneng sih. JD LBH bisa menikmati liburannya 😁. Krn ngerasa waktu lambat di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya ya, karena winter paling mungkinnya.. atau kalo kata kuncinya adalah bangun ketika subuh, berarti memang kita mesti bangun lebih pagi ya kak, karena di waktu-waktu subuh emang waktu yg kyknya pas buat me time (kalo siangnya emang penuh aktifitas)

      duh, jadi pengen liburan ke daerah bersalju juga nih :(

      next liburan kemana lagi kak?

      Delete

blogging itu kadang rasanya kriik..kriiik.. tapi dengan adanya komen, even just one short saying, will mean the world! really!