The Idea of Cropping

it's an interesting thoughts when some of the photographer said that:
"i don't like the idea of cropping the image because i want to show everything, the exact same when i saw it through the viewfinder."



Lupa siapa yang bilang, tapi pokoknya saya dengar itu ketika nonton film documenter tentang street photography pas lagi zaman pake film dan kamera analog.

Lalu saya merenungi kata-kata tersebut dan sepertinya saya suka dan setuju dengan hal itu. i mean, kalian tahu kan alasan fotografer memencet tombol shutter itu kenapa?seharusnya bukan karena asal jepret tapi karena ketika pada momen membidik dan melihat gambar pada viewfinder, keseluruhan gambar dan momen tersebutlah yang ingin diambil dan diabadikan pada sebuah foto.
Ketika kita ngecrop atau memotong beberapa bagian dari foto originalnya, kita seperti 'mengkhianati' alasan pertama kenapa kita memencet tombol shutter tersebut.
 
Well, i hope you understand with what i mean.

Yaudah deh, time for more photos. Beberapa foto dibawah ini saya ambil di balkon lantai dua rumah kakak saya yang baru melahirkan. Sekalian jenguk ponakan baru, sekalian foto-foto. hehe.











No comments:

Post a Comment

blogging itu kadang rasanya kriik..kriiik.. tapi dengan adanya komen, even just one short saying, will mean the world! really!