Tiba-tiba Cisarua

9 comments
Sebetulnya ga tiba-tiba banget juga sih, hehe... soalnya udah dikasih tahu 2 minggu sebelumnya kalo aku (kalo mau) bisa nge-dokumentasi-in acara kakak Iparnya Nurul. Jadi, kata 'tiba-tiba' disini tuh lebih seperti perasaan aja. Yang biasanya di rumah aja hemat pengeluaran, tiba-tiba minggu siang kemarin ada di utara jauh, di tempat yg baru aku datengin.


Ya, Cisarua adalah satu lokasi yang belum pernah aku datengin, makanya aku bilang tiba-tiba, karena biasanya hanya sekitaran Bandung atau di rumah aja, tapi karena fotografi lah, tiba-tiba siang itu aku ada di tempat baru, mau fotoin acara keluarga.


Acara apa? --Acara syukuran karena sebentar lagi kakak Iparnya Nurul ini mau berangkat Haji ke Mekkah.


Jujur aja, tadinya aku mau pulang lagi karena pas di Cisarua-nya ga kunjung nemu lokasi rumahnya meski udah pake Google Maps dan di share loc, dan Nurul ini kebetulan lagi ke kondangan dulu, jadinya aku bingung sendiri.


Tapi, mengingat jarak tempuh yg udah lumayan jauh buat ke Cisarua, dan aku yg ga mau lagi nurutin kekuatiran dan ketakutanku (takut malah ganggu acara keluarganya, takut ga disukai, takut ganggu karena tiba-tiba ada tukang foto, takut ini itu yg diada-adain), apalagi ini tentang fotografi dan tujuan portfolio. So i stay and let it be, i also have nothing to lose.

Akhirnya, setelah Dzuhur, Maps jadi bener, rumahnya ketemu, dan mulailah menunaikan apa yang menjadi maksud dan tujuan.

Turns out, i enjoy the work
semua kekuatiran ga ada yang terjadi, 
dan akupun merasa jauh lebih baik
karena bisa fulfil job ini dengan baik.


Pelajarannya adalah, next time kalo merasa ga nyaman, trus mulai keluar berbagai alasan yg menyuruhku pulang lagi, hold on, stay, face it. Bukannya apa-apa, tapi pada situasiku sekarang, i had nothing to lose, malah kalo ga aku hadapi, i lose many.


suasana pasar cisarua. sebelah sononya lagi ternyata lagi ada pasar malam (yg suka ada bianglalanya itu lho)

Ini aku fotoin ngedadak dan random pas mau turun pulang, pikirku 'kok ga fotoin apa-apa buat update sosmed dan kenang-kenangan Cisarua ya?'

pemilik rumahnya kayaknya semacam penyuka action figure, banyak patung-patung tokoh anime yg berdiri di beberapa sudut rumahnya. Nah kalo jin kura-kura dan krilin ini disimpennya di kamar mandi

meski termasuk acara sederhana, tapi tetep ada group rebana untuk memeriahkan acara. keren!

Kalo di tempat seadem ini sih ga heran kalo bau sapi sama tanah produktif ditanami sayuran. Desa-desa di Lembang pun punya pemandangan yg mirip.


Anyway, kalo Nurul Chubi baca tulisanku ini. aku cuma pengen bilang; "makasiiih chubi udah ngasih aku kesempatan buat foto-foto di acara keluarganya, semata untuk bantuin aku nambah portfolio."

Semoga kesempatan kayak gini bisa ada lagi, nambah lagi pengalaman dan portfolio, dan semoga bisa dikit-dikit menambah kepercayaan diri untuk menjadikan fotografi as a profitable business. Dan lama-lama bisa beli Canon 5D mark ii nya, aamiiiin
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

9 comments:

  1. Kak Ady mainnya jauh banget ke Cisarua! Dari Bandung ke Cisarua berapa jam perjalanan, Kak? 😱
    overthinking tuh memang paling bisa bikin nyali jadi menciut dan rasanya pengin putar balik aja 😂. sama seperti saat aku mau disuntik vaksin, belum apa-apa udah merasa takut duluan, padahal waktu disuntik ternyata tidak terjadi seperti apa yang dibayangkan 😂. jadi benar kata Kak Ady, next time kalau overthinking melanda, face it aja karena apa yang kita takutkan belum tentu terjadi 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Li... ini bukan Cisarua Bogor ya, TBH.. aku juga tiap nulis kata Cisarua, kepikirannya ya Bogor terus, tapi in mah Cisarua Lembang, jadi masih Bandung sih, cuma Kabupatennya aja dan lebih tinggi. hehe... jarak tempuh dari rumah, pake motor, sekitar 40menit (itu udah plus macetnya).

      Iya Li, overthinking lah yang sedikit banyak turut andil menjadikanku yang hari ini (sedikit temen, sedikit networking, sedikit temen komunitas), karena ya itu... dari dulu paling susah datengin kopdar, padahal secara online mah udah aktif tegur sapa.

      so, for now on, aku akan berusaha untuk just face it and see what will happen next.

      Makasih Peri Kecil Lia!

      Delete
    2. Eeee, aku kira Cisarua Bogor makanya aku pikir Kak Ady mainnya jauh banget 😭. aku baru tahu kalau di Lembang ada juga yang namanya Cisarua wkwk kalau durasi perjalanan 40 menit berarti nggak jauh banget ya Kak(?) apa termasuk jauh(?) soalnya kalau di Jakarta 40 menit itu termasuk deket 😂 (traffic di Jakarta memang cukup parah 😂)

      nggak apa, Kak Ady. kalau dalam hal itu pun aku masih suka overthinking dan nervous banget makanya suka maju mundur kalau diajak kopdar 😂. but, semangat Kak Ady!!

      Delete
  2. aq pengen bisa motret dengan komposisi yang pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bicara komposisi, mungkin bisa dimulai dari teorinya dulu semisal rule of third, golden ratio dkk, nah kalo udah paham, bisa langsung praktek, dan lama-lama, semuanya kembali ke kebutuhan motret, tujuannya, dan kesananya, lebih ke feeling aja.. aku aja jujur cuma pake rule of third karena paling mudah dipahami dan diingat, kalo yg lain, hehe..

      semoga jawabanku nyambung ya, hehe...

      Makasih mas Rezky!

      Delete
  3. Untung kamu jelasin di atas, kalo ini cisarua lembang krn aku mikirnya juga bogor 😂😂.

    Beberapa foto di atas aja udh kliatan baguuus Dy 👍👍. Semoga yaaa portfolio kamu bertambah, dan nantinya juga bisa memperbanyak klien yg pake jasa ady👍☺

    Bener dy, kalo nothing to lose mah, udah hadapin aja. Dari situ mungkin malah membuka pintu rezeki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... aku juga sempet kuatir bakalan pada nyangka cisarua bogor, tapi yasudah lah, hahaha...

      Foto diatas adalah yg paling neutral yg bisa aku post, sisanya mah ya dokumentasi momen yg isinya wajah-wajah keluarganya temen :D

      Aaamiiin.... semoga bisa juga kesampean salah satu wishlist portfolio yaitu foto dokumentasi artist (seniman), entah itu pottery, pelukis dan yang lainnya, fotoinnya di studionya sendiri dan lagi membuat karya.

      Makasih kak Fani!

      Delete
  4. Setelah komen di atas, aku kira cisarua, bogor. Ternyata cisarua bandung..hiks

    Jadi ingat temanku--fotografer juga--yang sering datang ke tempat baru untuk kerjaan motret. Karena sering akhirnya terbiasa dan mulai kenal dengan orang-orang di sana. Tips dari dia hanya mulai beradaptasi dengan tempat baru dan berusaha mengahsilkan foto yang bagus dan bisa dikenang oleh kliennya.

    Foto-fotonya bagus kang adi. Terutama foto di pasar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... jangankan yg baca, akupun pas nulis Cisarua, langsung ingetnya yg di Bogor, tapi ya ini Cisarua Bandung sih maksudnya, heuheu...

      i wish akupun bisa lebih banyak datengin tempat baru dikarenakan job fotografi juga (meski karena kerjaan non fotografi juga boleh sih, hehe)

      iya bener, adaptasi dan berbaur biar bisa lebih deket dan foto yang dihasilkan juga lebih relate baik dari sisi sudut pengambilan, atau mungkin cerita yang ditulisnya. duh.. kapan ya kayak gitu :D

      makasih mas Rivai... akupun agak sedikit nyesel ga parkirin motor dan foto lebih dekat pasarnya, semoga ada kesempatan lainnya

      Delete

blogging itu kadang rasanya kriik..kriiik.. tapi dengan adanya komen, even just one short saying, will mean the world! really!