Sabtu, 20 Januari 2018

Between 18, 35, and 50mm

Chapter 01: January
Part #20 / 20-01-2018
20/365

Sesuai judulnya, iyah..saya lagi bingung apakah mau pake lensa kit (18mm dan 35mm) atau pake lensa fix 50mm.
Kenapa bingung?bawa aja kedua lensanya kemana-mana. Well, hal itu sungguh meribetkan karena dengan membawa body DSLR saja sudah cukup makan tempat, apalagi ditambah satu lensa lagi.

Sebetulnya kebingungan ini udah dari lama, dan hal dilematis ini ga perlu terjadi andai lensa 50mm saya masih bagus (note: sudah rusak ring fokusnya, jarak fokusnya udah pendek) atau saya udah punya lensa fix 35mm. Lalu karena hari ini ga kemana-mana karena mendung dan males juga sih, akhirnya mending saya ngepost soal perbedaan 18mm, 35mm, dan 50mm.

Lensa 50mm

Lensa kita focal length 35mm

Lensa kit focal length 18mm
Dari ketiga foto diatas, berturut-turut hasil dari lensa 50mm, lensa kit focal length 35mm, dan lensa kit focal length 18mm, dengan jarak motret yang sama dan posisi sama bisa terlihat bahwa 50mm paling sempit dan 18mm paling lebar. Saya ga akan ngobrolin teori tentang focal length dan lensa karena bakal kepanjangan, Yang mau saya sampaikan di postingan ini adalah kenapa dilematis tentang pilihan yang ada ini.
Begini, lensa 50mm ini punya bukaan f1.8 which means lebar (fast lens), artinya ketika kondisi cahaya cukup minim, dengan bukaan sebesar f1.8 ini masih bisa dapet shutter speed yang cukup cepat tanpa harus naikin ISO dan masih pake tangan. Kelebihan lainnya adalah, tentu bokehnya yang creamy dan kalo dibandingin sama lensa kit, slightly punya karakter warna dan ketajaman yang lebih baik, slightly loh ya tapi buat saya mah tetep kerasa bedanya. Nah itu bagusnya pake lensa 50mm, tapi karena 50mm, maka cakupan objek yang tertangkap dalam satu frame juga cukup sempit kalo dibandingin sama focal length 35 atau 18mm, tapi semua itu ga akan jadi masalah selama kita motretnya outdoor, tapi masalahnya sekarang adalah lensa 50mm punya saya ring fokusnya udah rusak, ga bisa autofokus dan ga bisa fokus dekat. So, sometimes it's a problem terlebih kalo dijalan nemu momen bagus tapi missed focus, bete dah.

Kalo gitu kenapa gak pake lensa kit aja?-nah itu dia, lensa kit juga udah rusak autofokusnya, malah kalo zoom in di focal length 55mm, bakal terlihat bintik-bintik hitam tanda sebetulnya dalemnya udah kotor, hehe... tapi kalo masih 35 mm atau 18mm masih gak keliatan, lihat aja contoh foto dibawah.

Lensa 50mm

Lensa kit focal length 35mm

Lensa kit focal length 18mm
Kalo dilihat sekilas mah kayaknya ga jauh beda sih kualitasnya, tapi mungkin bagi saya 50mm ini lebih indah karena bisa memnghasilkan Depth of Field yang agak sempit dibanding lensa kit.

Lalu kenapa masih pertimbangin pake lensa kit lagi?
Nah, kelebihan lensa kit ini yaitu ada wide angle di 18mm, dan 35mm juga cukup wide dibanding 50mm. 

Ada apa dengan wide angle?
Yang saya sadari dan ketahui, kelebihan wide angle ini adalah karena efeknya yang mengecilkan objek, maka dalam satu frame akan masuk lebih banyak objek, yang mana jika banyak objek masuk, dari sisi penyampaian sesuatu akan lebih mudah karena lebih bisa menceritakan, contoh seperti menceritakan sebuah tempat seperti suasana dan interiornya, landscape juga lebih enak menggunakan wide angle.
Setelah beberapa lama ini ngeblog, apalagi dengan tema blog documentary photo blog, saya lebih mikir bagaimana sebuah fotografi bisa menyampaikan sesuatu, bukan sekedar keindahan satu objek tapi plus dengan ambiance tempatnya dan interaksi antara satu objek utama dengan lokasinya. Itulah kenapa saya masih mempertimbangkan pake lensa kit walaupun autofokus udah rusak dan lensa udah kotor.

Lensa 50mm

Lensa kit focal length 35mm

Lensa kit focal length 18mm
Intinya sih saya cuma ingin bawa kamera kemana-mana hanya dengan terpasang satu lensa. Saya belum menjadi fotografer profesional yang memang seharusnya pake tas kamera gede yang isinya ada dua body kamera dan 4 lensa didalamnya. Disini saya masih sebagai hobbies yang senang motret dan mendokumentasikan apa yang saya lihat dimanapun saya berada, makanya akan lebih praktis dan gak memberatkan kalo cuma bawa satu body kamera dengan tertancap satu lensa padanya.

But still, i just can't decide it yet...Saya berharap kamu yang baca blog ini bisa bantu saya, kira-kira dari pilihan yang ada dengan hasil foto yang seperti diatas, bagusnya pake lensa apa? 

And here's another shot

Lensa kit focal length 35mm (kalo saya pake 50mm dengan body full frame, kira-kira seginilah angle yang didapat)

Lensa kit focal length 18mm

Karena udah ga bisa fokus dekat, angle pengambilan gambarnya ga bisa kayak yang diatas, seginilah jarak terdekatnya. lensa 50mm

Lensa kit focal length 18mm

Lensa kit focal length 35mm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

feel free to write and comment