Selasa, 10 Oktober 2017

Photography is Personal

"Photography is an art of observation, it has little to do with the things you see and everything to do with the way you see them" -Elliot Erwitt.
Ketika saya membaca quotes dari Elliot Erwitt ini, yang pertama terlintas adalah bahwa fotografi ternyata adalah sesuatu yang sangat personal, dan karenanya mungkin kebanyakan orang bisa saja tidak akan mengerti mengenai satu fotografi dari seorang fotografer. Maybe, all they see is only a pictures. 
Oleh karena itu, sepertinya akan sangat keliru jika kita memotret dengan tujuan hanya untuk menyenangkan banyak orang dan mengesampingkan apa yang sebenarnya kita sukai dalam berfotografi.
Pada era dimana semua orang sepertinya bisa membuat foto yang bagus, disitu secara tidak sadar akan timbul persaingan siapa yang paling populer dan siapa yang paling bagus. Semua orang berlomba bersama-sama untuk menjadi yang paling unik dan paling beda, tapi kebanyakan salah kaprah dan hanya 'yang penting beda'.
Kita lupa bahwa esensi fotografi itu bukan untuk menjadi populer semata tetapi untuk menyampaikan sesuatu. Lupa bahwa yang terpenting ternyata adalah menjadi diri sendiri dan bukan 'asal beda'.
Sekian lama saya lupa dengan hal itu, dan semoga sekarang, anggap saja bahwa blog ini sebagai reminder bahwa fotografi ini adalah untuk diri saya sendiri, untuk menyenangkan diri. Baru setelah itu, jika beruntung akan menemukan orang-orang yang mempunyai kesenangan yang sama dengan apa yang kita buat.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

feel free to write and comment