Bertemu Lagi

Kadang, saya ga tahu harus ngapain dengan fotografi yang selama ini saya anggap sebagai hobi yang memberi kesenangan bathin. Agak terlalu lama rasanya jeda merasakan kesenangan, kesenangan dalam melakukan fotografi untuk memuaskan diri sendiri, mengobati rindu akan rasa  yang saya dapat ketika pertama kali saya jatuh cinta dengan fotografi.

Hingga di minggu kemarin dimana ada empat hari libur, saya putuskan untuk photo hunting setiap harinya selepas sholat subuh. Foto apa?dimana?buat apa?
Dari dulu saya sangat suka dengan atmosfir dan keadaan kota di awal pagi, khususnya daerah Alun-alun Bandung. Jalanan masih kosong, hanya ada sebagian kecil mobil dan motor. Atmosfir dari jalanan yang sepi itu yang benar-benar saya suka karena entah kenapa saya ada ketertarikan dengan foto yang menunjukan kesepian, kesunyian. Maka dari itu, yang saya ingin tangkap adalah jalanan yang kosong dan hanya beberapa manusia pagi yang lalu lalang.



Oia, belakangan ini saya punya kebiasaan baru disaat ngelakuin foto hunting. Kata sebagian orang, musik bisa membawa mood tertentu dalam kita melihat sesuatu. Saya coba dengerin instrument piano yang ada di playlist spotify sambil hunting foto. It feels so good.
Rasanya tuh seperti ketika kita melihat sesuatu tapi dengan perspektif movie scene lengkap dengan backsound-nya yang melankolis. Jadinya terbawa mood tersebut dan setiap saya membidik, saya mulai membayangkan dulu mau seperti apa foto yang dihasilkan.




Dengan musik, saya dibuat bisa untuk menikmat proses yang lambat yang mana pada prosesnya, saya punya lebih banyak ruang waktu untuk memikirkan mau memotret apa dan apa yang mau disampaikan ketika memotret. Proses lambat ini mengingatkanku ketika saya masih menggunakan kamera analog (yang mana sampai sekarang masih punya kok)
Satu roll film itu ada 36 exp, dengan keterbatasan itu, kita sedikit dipaksa untuk benar-benar mengambil foto yang layak diabadikan. And i try to bring that kind of feeling while using this Digital SLR.





"Rasa itu tiba-tiba mulai naik lagi ke permukaan, pelan-pelan kita bertemu lagi."



Kebiasaan memotret seperti ini akan saya lakukan sepanjang saya masih punya tenaga dan waktu. This kind of feeling is so good. You! yes you...try listening the music while hunting moment, it's all worth it.





Okedeh, Sampai disini aja dulu postingan yang gak jelas ini, semoga bermanfaat.


Bye.


No comments:

Post a Comment

blogging itu kadang rasanya kriik..kriiik.. tapi dengan adanya komen, even just one short saying, will mean the world! really!