Web Designer?

   Alhamdulillah selesai juga kuliah, setelah setahun ngerjain skripsi dengan dua kali ganti judul dan sekali ganti pembimbing, fyuuuh...! Pada awalnya aku ngerasain stres dan sempat ga mau beresin karena saking ga bisanya beresin skripsi ini. Tapi dengan doa, dukungan dari keluarga, pacar dan teman-teman terdekat, akhirnya aku bisa beresin dan mendapatkan surat kelulusan itu. Namun sayang, aku belum bisa diwisuda karena Universitas tempat aku menimba ilmu, ada kebijakan kalau wisuda hanya dilaksanakan setahun sekali pada bulan september. Walhasil, sekarang aku hanya tinggal menunggu wisuda. but it's okay, i can wait for it ^^

   Dan sekarang, setelah lulus dan menyelesaikan semuanya, new problem came into my life (yeah, this is a life, so live it! ^^). Aku bingung mau kerja dimana dan pada bidang apa. Kalau disesuaikan dengan jurusan aku yaitu teknik informatika, kuatir ga akan kerja dengan maksimal karena jujur saja setelah menjalani perkuliahan disini, satu-satunya yang kusukai hanyalah pemrograman web, itupun hanya tertarik pada sisi designing-nya saja, dan bukan programming atau coding. -,,-

   Bayangkan, web design di jurusanku hanya diberikan sekitar satu persen dari seluruh matakuliah yang telah aku dapatkan sejak semester pertama sampai terakhir. And i just got fall in love with that one percent. hehe.

   Aku selalu suka dan tertarik dengan hal-hal kreatif seperti dunia fotografi, handcrafts, dan desain grafis. Oleh karena itu, pikirku dengan ilmu dan dasar yang kupunya, menjadi web designer adalah salah satu pilihan yang tepat dan 'rasional' mengingat jurusanku di informatika. Juga, dengan menjadi web designer ini aku bisa menggabungkan elemen-elemen bidang yang aku sukai seperti fotografi dan graphic designing.

   Tapi, dunia setelah perkuliahan ini memang keras adanya,bos! ada banyak kebutuhan dan tuntutan yang harus segera kupenuhi dan tidak mudah untuk mengarahkannya beriringan antara target penghasilan yang kuinginkan dengan doing what i like (a.k.a doing your passion as a profitable business).

   Tapi, sampai saat ini, semua peluang masih terbuka dan semoga apa yang aku dapatkan di kemudian hari adalah memang rejeki dari Alloh Swt yang harus disyukuri dan terbaik untukku. Oleh karena itu, sampai saatnya nanti tiba, mending berusaha dulu yang terbaik agar aku bisa mendapatkan pekerjaan yang layak di bidang yang memang aku sukai. i hope so!

Hire me as a photographer or web designer please! :D


2 komentar :

  1. Saya itu asalnya dari prodi matematika, tapi sekarang entah kenapa terperosok ke dalam dunia web programming, hahaha. :D

    Saya dulu punya pikiran, klo hanya ngandalin satu bahasa pemrograman aja nggak bakal bisa bertahan hidup. Jadilah saya mempelajari banyak bahasa. Salah satunya ya CSS akibatnya saya dikit2 bisa desain juga.

    Alhasil, klo misal klien bilang "Kami pingin buat website yang sistemnya kayak gini dan desainnya gini" bisa lah saya ngatasi seorang diri, karena ya itu nggak terpaku ke satu ilmu aja.

    Kalau memang dirimu senangnya sama desainnya, cobalah kolaborasi sama anak2 DKV. Mereka itu kan biasanya tahu semisal konsep warna dan tata letak. Nah dirimu fokus gimana itu mengembangkan user interface dan penempatan desain lewat CSS, jQuery, HTML. Ujung-ujungnya ya coding juga, hahaha.

    Tapi jujur, sekarang ini lumayan susah nyari lulusan teknik informatika yang mau diajak coding. Apalagi cewek. Doh!

    BalasHapus
  2. hehehe...sebenernya sih ga anti banget sama coding,malah di satu waktu coding itu terasa sangat ajaib,nah mengenai banyak ilmu di banyak bahasa pemrograman, kalo saya sebagai yg ga begitu into in programming, kalopun bertahan di bidang ini,akan memulai dari satu hal, mungkin di web designer(css+html+jquery+php atau semua yg dibutuhin dalam pembangunan web design saat ini), toh ada baiknya memulai dari satu hal,kalo mengenai menyebar ke belajar hal lain,mungkin setelah bekerja dan tuntutan pekerjaan,sedikit2 bakal seperti kamu jg wih.. :)

    Untuk saat ini mumpung msh blm dapet kerjaan tetap,fokusnya belajar jd web designer yg baik aja dl sama fotografi jg,hehe..

    andai ada program internship di suatu perusahaan jd junior web designer kek, kyknya pengen deh diambil sambil belajar dari ahlinya langsung ^^


    thank you wihikan udah komen :)

    BalasHapus

feel free to write and comment